Pengertian Pemasaran Online Menurut Ahli : Marwan (1991:15)
Menurut Marwan, definisi atau pengertian pemasaran online adalah sebuah usaha perencanaan strategi penjualan. Usaha tersebut mengarah pada strategi pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen untuk menghasilkan laba penjualan.
Pada dasarnya, strategi pemasaran online adalah sama dengan strategi penjualan atau pemasaran offline. Namun, pada pemasaran online kepuasan pelanggan lebih diperhitungkan lagi karena konsumen hanya mengetahui produk melalui gambar.
Pengertian Pemasaran Online Menurut Ahli : Chaffey (2000)
Menurut Chaffey, definisi atau pengertian pemasaran online adalah pendukung sebuah konsep pemasaran modern. Konsep tersebut berupa segala macam bentuk promosi dan penjualan produk atau jasa dengan menggunakan jaringan internet.
Pemanfaatan internet menjadi andalan dalam melakukan penjualan atau pemasaran online, baik melalui media sosial (Medsos), jasa periklanan (Advertising) maupun toko online.
|
Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli |
Pengertian Pemasaran Online Menurut Ahli : Strauss dan Frost (2001)
Menurut Strauss dan Frost, pengertian penjualan atau pemasaran online adalah penggunaan data dan aplikasi untuk merencanakan pelaksanaan konsep distribusi, promosi serta penetapan harga.
Tujuan dari konsep itu adalah untuk menciptakan jual beli atau pertukaran dengan nilai kepuasan tersendiri bagi individu maupun organisasi.
Pengertian Pemasaran Online Menurut Ahli : Kotler (2002:34)
Sedangkan menurut pendapat Kotler, definisi atau pengertian pemasaran online adalah proses sosial dan manajerial bagi individu maupun kelompok.
Proses tersebut mengatur individu dan kelompok tadi dalam memperoleh kebutuhan dan keinginan mereka dengan membuat, menawarkan, dan melakukan jual beli.
Pengertian Pemasaran Online Menurut Ahli : Amstrong dan Kottler (2004:74)
Bagi Amstrong dan Kottler, pemasaran online adalah bagian dari e-commerce. Selain itu, mereka juga berpendapat, bahwa pemasaran online (digital marketing) merupakan sebuah bentuk kinerja perusahaan. Dimana kinerja perusahaan tersebut berupa promosi, penjualan barang atau jasa, serta mengkomunikasikannya secara digital melalui internet.
Pengertian Pemasaran Online Menurut Ahli : Boone dan Kurtz (2005)
Sejalan dengan Amstrong dan Kottler (2004:74), Boone dan Kurtz berpendapat sama, bahwa pemasaran online adalah merupakan komponen dalam e-commerce. Dimana e-commerce adalah sistem jual beli online.
Pemasaran online sebagai komponen dalam e-commerce yakni sebagai strategi produksi, distribusi, penetapan harga, dan promosi melalui media digital. Artinya, semua proses pemasaran dari sebuah produk atau jasa hingga ke tangan pembeli menggunakan media digital.
Pengertian Pemasaran Online Menurut Ahli : Philip dan Duncan
Menurut Philip dan Duncan, definisi atau pengertian pemasaran atau penjualan online adalah langkah-langkah atau usaha yang dilakukan untuk mengatur barang yang akan dilakukan proses jual beli. Langkah tersebut tentu saja dengan upaya penggunaan media internet sebagai media promosi produk atau jasa hingga ke tangan konsumen.
Jadi kesimpulannya, pemasaran atau penjualan online adalah strategi pemasaran secara digital dengan memanfaatkan jaringan internet. Pemasaran online (digital marketing) dapat dilakukan dengan menggunakan sarana aplikasi, website, email maupun media sosial.